PARHUNDUL POMPARAN GURU TATEA BULAN,BORBOR MARSADA,IBORBORON,ILOTTUNGON,NAIMARATA,SILAU RAJA.
Mari kita amati perlahan makna2 dari PARHUNDUL atas nama parsadaan atau kesatuan nama nama tersebut secara bijak dan seksama,dan gak perlu bertele tele,cukup singkat dan mudah dimengerti.
Kita kupas satu persatu sbb
POMPARAN GURU TATEA BULAN sbb
Nama dari op guru tatea bulan sudah jelas merujuk pd generasinya yg pertama yaitu.
1 op namarsangap Raja biak biak
2 op tuan sariburaja
3 limbong mulana
4 sagala raja
5 silau raja
Demikian hingga generasi berikutnya dari generasi kelima opung itu.
Berlanjut dengan sejarah berikutnya antara op sariburaja dan limbong sagala,yg mungkin telah dianggap berbuat kesalahan yg dianggap sangat melanggar aturan adat yg berlaku pd jaman itu.karna op sariburaja dituduhkan melakukan hubungan perasaan dengan ibotonya br pareme,hal ini di benarkan oleh pihak adiknya limbong sagala,lalu adiknya yg satu yaitu silau raja menginformasikan rencana2/keinginan limbong sagala untuk membunuh op sariburaja,namun op silau raja merahasiakan kberadaan op sariburaja.
Sementara dalam pencarian op saribura,limbong sagala mengasingkan/mengusir boru pareme kesebuah hutan yg
Karna tidak diperbolehkan lagi tinggal dikampung itu dgn alasan melanggar aturan adat yg berlaku.
Kisah singkat ini cukup menjelaskan bahwa antara op sariburaja dan limbong sagala jelas jelas terpisah atau tdk ada hubungan apalagi.
Kekejaman limbong sagala sangat membutakan mata hatinya,apakah ini semua punya alasan,!!!,??
Namun intinya adalah perpisahan sebagai abang beradik.
Klu kita maknai dari kisah ini tidak tertutup kemungkinan bisa berdampak pd keturunan berikutnya.
BORBOR MARSADA sbb
Kalau kita berbicara sudah tak asing,
Makna dari BORBOR MARSADA secara lebih spesifik(boleh baca dulu isinya agar faham)
Keberadaan BORBOR MARSADA bermula setelah sejarah dari op sariburaja,yg dianggap melakukan kesalahan atas tuduhan limbong sagala terhadap abangnya op sariburaja dan ibotonya boru pareme telah terusir dari sianjur mula mula,dan op sariburaja saat itu sedang meninggalkan opung boru nai mangiring laut istri op sariburaja di sianjur mula mula sedang keadaan hamil.
Nah setelah sekian lama,tibalah waktunya kelahiran op si raja borbor dari ibunya nai mangiring laut,dan dihadiri para adek2nya limbong sagala dan silau raja.
Semasa hidup op si raja borbor inilah situasi antara si raja borbor dan limbong sagala,silau raja mulai ada kebersamaan/merasa bersatu.
Siraja borbor mempunyai seorang anak bernama balasahunu(op raja hatorusan II).
Sekian lama kehidupan telah berjalan tanpa kehadiran op sariburaja selaku kakek dari op raja hatorusan II,inilah fakta sejarah yg menunjukkan terpecahnya hubungan op sariburaja dgn limbong sagala.
Hingga op raja hatorusan II beranjak dewasa
nah setelah sekian lama berlalu setelah si raja borbor dan siraja lottung(anak dari boru pareme) meninggal,op raja hatorusan II lah yg mengambil alih kepemimpinan,
Atas usul keturunan Limbong Mulana
Sagala Raja dan Malau Raja, perlu diadakan kesepakatan bersama antara keturunan Siraja Borbor dengan Limbong Mulana, Sagala Raja dan Malau Raja. Karena ketika Siraja Borbor lahir Limbong Mulana, Sagala Raja dan Malau Raja ikut kena hujan lebat (iborbor udan) dan merasa ikut memiliki hujur siringis. Maka untuk nama keempat keturunan Siraja Borbor, Limbong Mulana, Sagala Raja dan Malau Raja diberi nama Borbor Marsada. dengan ikrar sebagai berikut :
1) Nama persatuan (Parsadaan) untuk keturunan SIRAJA BORBOR, LIMBONG MULANA, SAGALA RAJA, dan MALAU RAJA adalah BORBOR MARSADA.
2) Keturunan keempat bersaudara akan sisada lulu anak sisada lulu boru.
3) Walaupun dibelakang hari dari keempat bersaudara tumbuh marga baru, sesama keturunan mereka tidak diizinkan saling kawin (anak lelaki yang satu tidak boleh mengawini anak perempuan yang lainnya walaupun sudah menggunkan marga baru).
4) Apabila ada paniaran (istri) salah satu dari BORBOR MARSADA menjadi janda, anggota keluarga BORBOR MARSADA sama haknya untuk mengawini (manghabia) kecuali ada pertimbangan lain.
5) Apabila ada yang terlanjur melanggar point tiga diatas, tidak perlu lagi dipisahkan bila sudah saling mengasihi. Kekerabatan yang timbul oleh perkawinan terlarang tersebut, hanyalah sebatas umur mereka dan keturunannya tidak bisa lagi menyambung hal serupa (manunduti).
Demikianlah kisah singkat keberadaan BORBOR MARSADA.
IBORBORON sbb
sekilas memaknai antara borbor dan iborboron.
Borbor adalah nama op si raja borbor yg lahir dari seorang ibu bernama nai mangiring laut dan bapaknya op tuan sariburaja,
Lalu apa itu Iborboron,sejak kelahuran op si raja borbor ketika bersamaan dgn hujan ikut dihadiri limbong sagala silau raja.
Karena ketika Siraja Borbor lahir Limbong Mulana, Sagala Raja dan Malau Raja ikut kena hujan lebat (iborbor udan) dan merasa ikut memiliki hujur siringis.
Disaat kelahirannya mereka serentak menyambut kelahiran raja borbor dengan sahutan serentak mengatakan " Iborboron"
Sebutan iborboron inilah mengawali nama kebesaran op guru tatea bulan bapak dari op tuan sariburaja(anak tertua yg punya keturunan).
ILOTTUNGON.
jika kita cermati kata/kalimat ILOTTUNGON,
Seakan berdampak sedikit aneh,sementara ILOTTUNGON dikenali secara umum adalah gelar/sebutan utk op guru tatea bulan,memang berdampak tdk masuk akal klau nama ini sebenarnya adalah dari op siraja lottung anaknya op sariburaja dan boru pareme.
Kisah op sariburaja dan boru paremelah yg menjadi bomerang bagi limbong sagala,yg tak pernah berakhir sampai saat ini,namun apapun yg terjadi siraja lottung tidak terlepas
dari keturunan op sariburaja.
Singkat cerita...,
Apa itu ILLOTUNGON,!?
ILOTTUNGON adalah penggandaan nama dari kedua nama keturunan op sariburaja.
Yaitu IBORBORON dan LOTTUNG menjadi ILOTTUNGON.
nama inilah yg dipangku oleh OP GURU TATEA BULAN sampai saat ini.
NAIMARATA...
klau naimarata sebenarnya tidak tepat klu saya membicarakan ini,misi naimarata hanya berhak dikelola dan diketahui naimarata itu sendiri.
Yg dapat saya pertanyakan kenapa harus ada parsadaan naimarata setelah keberadaan BORBOR MARSADA,dan kenapa harus NAIMARATA,
sebutan NAIMARATA inilah yg bisa saya definisikan,dan yg harus kita akui,bahwa naimarata adalah sebuah gelar yg telah di pangku op guru tatea bulan,ini terjadi sekitar 1927 jaman politik perdagang dalam pembentukan kesultanan simarata,kelengkapan nama ini disebut Op tuan sorimangarata
Nama ini memang ada tapi bukan sebagai nama atau panggoaran dari generasinya,melainkan sebuah julukan utk perebutan kesultanan simarata,nama Tuan sorimangarata dipangku oleh op guru tatea bulan ketika perencanaan pembentukan kesultanan simarata namun pembentukan kesultanan itu gagal.
Demikianlah sedikit ttg penjelasan asal usul adanya kata naimarata.
Pertanyaannya kenapa naimarata diklaim untuk nama parsadaan saat ini.
Jawabannya singkat,
Nama naimarata adalah pengangkatan derajat/atau kedudukan,Inilah ide dari limbong sagala,beliau berasumsi bahwa nama naimarata adalah nama op guru tatea bulan,agar bisa merasa setara dgn illotungon ,ternyata kenyataan tidak demikian hingga saat ini,
Dan masih banyak sebenarnya kekurangan2 pihak terutama limbong sagala dalam menyepakati parsadaan borbor marsada yg mereka usulkan dahulu.
Mengapa..!?
Klu kita baca isi ikrar borbor marsada.
((Mungkin bleh cari sendiri isi ikrarnya))
Hampir semua tidak di sepakati khususnya limbong sagala.
Terjadi penghianatan dalam ikrar itu sendiri.
Dengan sekarang ini mereka telah mengembangkan sayap sebagai naimarara.
Borbor marsada hanya masa lalu utk mereka yg tinggal didalam hanya pomparan si raja borbor yg dijadikan kambing hitam utk parsadaan "borbor marsada" tersebut.
Sekarang ini pomparan borbor lah penghuni borbor marsada,namun konteks apa yg telah di ikrarkan tidak lagi sesuai dgn penghuni borbor marsada sekarang ini.
Isi ikrar borbor marsada membuat pihak limbong sagala sesuka hati,mereka berasumsi bisa masuk dan keluar dari borbor marsada kapan saja,namun tetap mengembangkan sayapnya di "naimarata"
Pomparan borbor terdiam sebagai penghuni utama di borbor marsada dgn ikrar yg sudah tidak masuk akal akibat usulan limbong sagala.
Naimarata inilah dijadikan momentum yg tepat oleh limbong sagala utk parsadaan yg teguh.
Nah yg jd pertanyaan kemanakah seharusnya pomparan borbor menyatukan dirinya untuk membentuk parsadaan yg teguh,
Jawabanya adalah ILOTTUNGON,
karna ilottungon adalah penggandaan nama iborboron dan lottung yg sebenarnya anak dari Op tuan sariburaja.
Memang sulit untuk mengarah kesana karena lottung adalah keturunan namboru dari borbor itu sendiri.
Tapi ilottungon juga tidak terleoas krn nama ini telah di pangku oleh op guru tatea bulan.
Mau tidak mau hubungan yg sedarah dan satu bapak adalah paling utama hrs tetap bersaudara.
Mari kita renyngkan bersama.
SILAU RAJA sbb
Silau raja adalah keturunan kelima((siappudan))
tudak ada yg bisa saya jelaskan,kecuali apapun yg terjadi dibelahan borbor marsada atau naimarata namun silau raja sudah punya parsadaan teguh di pomparan silau raja.
Silau raja cukup netral dalam menyikapi permasalahan turun temurun dari sejarah oppung kita semua.
Komentar
Posting Komentar