MENGAPA HARUS ADA "BORBOR MARSADA"

Borbor marsada,sebutan borbormarsada sudah tak asing lagi didengar dalam kehidupan orang batak,khususnya keturunan dari op guru tatea bulan,
Borbor marsada ini sering difahami sebagai parsadaan pomparan op guru tatea bulan,kalau kita cermati makna dari isi padan borbormarsada dan yg mencakup siapa saja yg dimaksud bobor marsada sesuai isi padannya/ikrar dimulai dari pomp op siraja borbor dan limbong mulana,sagala raja,silau raja.borbor marsada inilah yg diklaim menjadi parsadaan dari keempat opung yg tertera diatas
Disini saya tuliskan isi padan/ikrar borbor marsada  sbb:
-------------------------------------------------------------
1) Nama persatuan (Parsadaan) untuk keturunan SIRAJA BORBOR, LIMBONG MULANA, SAGALA RAJA, dan MALAU RAJA adalah BORBOR MARSADA.
2) Keturunan keempat bersaudara akan sisada lulu anak sisada lulu boru.
3) Walaupun dibelakang hari dari keempat bersaudara tumbuh marga baru, sesama keturunan mereka tidak diizinkan saling kawin (anak lelaki yang satu tidak boleh mengawini anak perempuan yang lainnya walaupun sudah menggunkan marga baru).
4) Apabila ada paniaran (istri) salah satu dari BORBOR MARSADA menjadi janda, anggota keluarga BORBOR MARSADA sama haknya untuk mengawini (manghabia) kecuali ada pertimbangan lain.
5) Apabila ada yang terlanjur melanggar point tiga diatas, tidak perlu lagi dipisahkan bila sudah saling mengasihi. Kekerabatan yang timbul oleh perkawinan terlarang tersebut, hanyalah sebatas umur mereka dan keturunannya tidak bisa lagi menyambung hal serupa (manunduti).
---------------------------------------------------------------
Itulah isi/ikrar daripada borbor marsada,
Namun borbor marsada,dan isi /ikrar tersebut patut dipertanyakan,makna dan tujuannya...antara lain sbb:
1 Dari kelima putra guru tatea bulan sudah jelas satu keturunan sedarah satu bapak/ibu,yang pastinya adalah sisada lulu anak sisada lulu boru untuk generasi berikutnya,nah dipoin kedua dari perjanjian/ikrar tersebut bisa kita fahami,kberadaan perjanjian tersebut adalah sesuatu yg dianggap oleh limbong,sagala dan silau raja adalah perpecahan yg tidak ada pertemuan/perdamaian mereka terhadap sariburaja.sejak kepergian sariburaja yg begitu lama dan tanpa diketahui jejaknya.
Sejarah mengatakan sariburaja dengan siboru pareme adalah kembar,namun kisah sariburaja dan boru pareme membuat mereka terusir dari sianjur mula mula karna pihak dari limbong,sagala tidak menerima perlakuan sariburaja dan boru pareme,
Namun tidak sebatas itu, limbong ,sagala juga memaksakan adiknya silau raja agar memberitahukan keberadaan sariburaja,namun silau raja tidak memberitahukan dimana keberadaan sariburaja,karena limbong,sagala berencana ingin membunuh abangnya sariburaja.
Kisah ini mempengaruhi pd keturunan keturunan hingga saat ini,yg bisa disimpulkan adalah sejarah pahit yg membuahkan perpisahan/perpecahan antara sariburaja dengan limbong,sagala dan silau raja selaku abang beradik,satu bapak dan ibu.yg mungkin bisa bekelanjutan antara keturunan sariburaja dgn keturunan limbong,sagala dan silau raja dikemudian hari,
Kisah/Sejarah bisa kita rangkum bahwa limbong,sagala sudah tidak menganggap lagi keberadaan sariburaja/tersisihkan.
Namun pertikaian limbong,sagala dgn sariburaja,pihak limbong menganggap ini melukai/nerusak nama baik guru tatea bulan selaku orang tua mereka.
Suatu ketika setelah cucu sariburaja,yg bernama balasanuhu beranjak dewasa dan banyak tau tentang perjalanan sariburaja dan bapaknya siraja borbor.
Balasanuhu jauh lebih bijaksana dan berkarakter layaknya seorang pemimpin,lalu suatu ketika op raja uti memanggil balasanuhu dan memberi restu kepada balasanuhu utk mengambil alih kepemimpinan untuk generasinya.
Raja uti selaku anak pertama dari guru tatea bulan memberi bekal ilmu dan restu setelah memohon terlebih dahulu ke op mulajadi nabolon,setelah itu balasanuhu namanya di gandakan dgn nama raja hatorusan 2.
Raja hatorusan 2 jadilah dewasa sakti dan bijaksana dan di berkati.
Marwah/derajat raja hatorusan sangat dikagumi.
Suatu ketika disinilah limbong,sagala,silau raja berniat membuat usul agar dibentuk suatu persatuan/parsadaan yg disebut borbor marsada,dan membuat perjanjian/ikrar(seperti tertulis diatas)
Dengan adanya borbor marsada atas usul limbong,sagala,silau raja,akan membawa nuansa baru yg bisa membawa/menjunjung nama guru tatea bulan selaku bapak mereka,
Namun dikemudian setelah adanya padan borbor marsada ternyata limbong sagala tidak menepati apa yg sebenarnya yg telah di ikrarkan pada poin 1 - 2 - 3 hingga sekarang ini.dan mengapa parsadaan itu dimulai atas nama balasanuhu,tanpa ke ikut sertaan sariburaja.bisa diartikan,limbong sagala ,silau raja berujung pd perpecahan dgn sariburaja,yg tidak menutup kemungkinan bersatunya balasanuhu dgn pomp si raja lotung selaku satu ayah yaitu sariburaja.

Penulis 
Wills'psr'go

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH PASARIBU

BORBOR MARSADA MARPADAN

Benarkah ? Habeahan,Bondar,Gorat Saja marga Pasaribu,Mari kita cek faktanya.